Search This Blog

Sunday, September 18, 2011

Tips Merawat Baterai Laptop Dan Teknik Kalibrasi

Postingan ini saya tulis dari berbagai sumber dan sedikit pengalaman dari saya sendiri icon biggrin Tips Merawat Baterai Laptop Dan Teknik Kalibrasi . Ok langsung aja di bahas
1. Jangan mematikan laptop dalam kondisi baterai < 40%.
2. Jangan charge hingga penuh saat laptop mati.
Untuk teknik ini saya sendiri juga bingung, bagaimana cara mengetahui kapan beterai kita penuh saat laptop kondisi mati?? icon biggrin Tips Merawat Baterai Laptop Dan Teknik Kalibrasi Munkin untuk mengakalinya kita bisa menghitung berapa jam biasanya laptop kita penuh bila di charge dalam kondisi mati. Kemudian sebelum penuh laptop di cabut.
3. Jangan lepas baterai laptop saat laptop dalam kondisi dihidupkan (mode AC).
a. Mode AC tanpa baterai memungkinkan terjadi kerusakan pada motherboard akibat listrik tidak stabil / listrik mati mendadak, dan jika motherboard rusak sama aja dengan kerusakan pada laptop keseluruhan. Tapi memang menghemat baterai (namanya juga gak dipakai, ya pasti awet tu baterai).
b. Mode AC dengan baterai memungkinkan terjadi penurunan kualitas baterai tapi sangat aman bagi kesehatan laptop jika terjadi listrik mati mendadak.
Jadi gimana, pilihan berada ditangan anda pilih Motherboard yang rusak atau Baterainya icon biggrin Tips Merawat Baterai Laptop Dan Teknik Kalibrasi .
4. Lepas baterai laptop ketika lama tidak di gunakan, mungkin di atas 24jam.
5. Lakukan kalibrasi baterai setiap 30 kali charge (default). Kalibrasi digunakan agar kalkulasi baterai tetap akurat.
Berikut cara kalibrasinya :
  • Charge laptop sampai penuh (100%) dan biarkan kabel charge tertancap selama 2 jam sembari digunakan laptop buat aktifitas.
  • Aktifkan system hibernate.
  • Setting agar system hibernate dijalakan otomatis jika baterai laptop udah habis (critical battery).
  • Gunakan laptop dengan aktifitas2 anda dan tunggu sampai baterai habis… bis… bis… dan system hibernate dilakukan.
  • Selama hibernate, diamkan laptop selama +- 8 jam dengan kondisi baterai tetap tertancap.
  • Setelah 8 jam, charge laptop selama sampai penuh namun dalam kondisi masih hibernate (belum dihidupkan).
6. Cara yang ini harus ngeluarin duit, caranya dengan membeli UPS. Hidupkan laptop dengan menggunakan UPS dan lepas baterai laptop. Kemudian bungkus baterai laptop dan masukan lemari…. icon biggrin Tips Merawat Baterai Laptop Dan Teknik Kalibrasi
7. Cara yang terakhir dengan menggunakan software Battery Care. Software ini gratis jadi gak melanggar hak cipta. Dengan software ini kita tidak usah repot-repot menghitung berapa kali kita harus charge laptop. Karena software ini akan mencatatnya hingga looping ke berapa kita mencharge baterai laptop.
Demikian tips dari saya, untuk Battery Care bisa di download DI SINI.
Semoga bermanfaat…. icon biggrin Tips Merawat Baterai Laptop Dan Teknik Kalibrasi

No comments:

Post a Comment